Wednesday, May 2, 2012

NLP

NLP atau lengkapnya adalah Neuro Linguistic Programming adalah sebuah ilmu yang mempelajari bagaimana sih otak kita bekerja. Dengan NLP kita juga bisa tahu bagaimana suatu mental dalam diri kita itu terbentuk. NLP juga banyak digunakan tidak hanya oleh terapis dalam menyembuhkan “penyakit” mental dalam artian seperti fobia, stress, ketakutan-ketakutan akan lingkungan sosial atau tidak percaya diri jika bertemu orang lain tapi NLP juga juga banyak digunakan oleh seorang motivator, psikolog, entertainer, olahragawan bahkan seorang politisi juga lho

Dalam NLP kita akan menemukan banyak sekali metode untuk membantu kita dalam merubah sikap mental kita. Caranya adalah dengan berkomunikasi dengan diri kita sendiri agar persepsi dari diri kita bisa berubah. Contohnya jika kita takut terhadap hantu semacam suster ngepot, itu adalah persepsi yang terbentuk dalam pikiran kita. Lewat NLP kita mempelajari bagaimana persepsi semacam itu bisa nongol di kepala kita (neuro), lalu kita ubah persepsi kita dengan berkomunikasi pada diri kita (linguistic), oleh sebab itulah ini disebut dengan suatu cara yang terstruktur (programming).

Tak hanya itu juga, NLP juga bermanfaat untuk berkomunikasi dengan orang lain. Lewat metode-metode seperti rapport dimana dengan metode tersebut kita bisa membuat nyaman lawan bicara kita. Ini salah satu cara yang ampuh lho bagi yang mau pedekate sama cem-cemannya :D nggak perlu pakai pelet segala.

Selain itu masih buanyak lagi yang diajarkan lewat NLP. Mau tahu apa saja? Yuk, kita belajar bareng-bareng tentang NLP…


No comments:

Post a Comment